Penyajian Data Dalam Diagram Dan Contohnya

Posted on

Pada umumnya, data yang diperoleh untuk keperluan analisis masih belum tersusun secara teratur sehingga perlu disajikan dengan lebih baik. Salah satu penyajian data adalah dengan menggunakan diagram sebagai alat menyajikan data statistik yang berupa gambar atau lambang. Dengan demikian, pengertian diagram adalah gambar-gambar yang menunjukan data secara visual yang didasarkan atas nilai-nilai pengamatan aslinya ataupun dari tabel-tabel yang dibuat sebelumnya.

Penyajian data dalam diagram agar informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dapat diperoleh dengan mudah dan cepat. Umumnya penyajian data dalam diagram yang sering digunakan dalam bentuk diagram batang, lingkaran, baris dan pohon.

Penyajian Data Dalam Diagram Dan Contohnya

Macam Dan Contoh Bentuk Diagram

Diagram batang

Diagram batang atau disebut juga diagram balok adalah visual data yang berbentuk persegi panjang yang lebarnya sama dan dilengkapi dengan skala atau ukuran. Beberapa bentuk diagram antara lain: diagram batang satu komponen atau lebih, diagram batang dua arah, diagram batang tiga dimensi, dan lain-lain sesuai dengan variasinya atau tergantung kepada kegunaannya. Penyajian data dalam diagram batang banyak digunakan untuk data yang bersifat kategori.

Contoh Penyajian data dalam diagram batang 

diagram batang atau diagram balok

Diagram Lingkaran

Diagram lingkaran adalah visual data yang berbentuk lingkaran yang telah dibagi menjadi beberapa juring  (sektor) sesuai dengan data tersebut. Setiap sektor melukiskan kategori data yang terlebih dahulu diubah ke dalam derajat dengan menggunakan busur derajat yang dinyatakan dalam persentase. Penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran didasarkan pada sebuah lingkaran yang dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan banyaknya kelas penyusunan. Penyajian data dalam diagram lingkaran sangat cocok untuk data yang berbentuk kategori atau atribut dalam persentase.

Contoh Penyajian data dalam diagram lingkaran

diagram lingkaran

Diagram Garis

Diagram garis adalah visual data yang berupa garis, diperoleh dari beberapa ruas garis yang menghubungkan titik-titik pada bidang bilangan. Penyajian data dalam diagram garis umumnya digunakan untuk menggambarkan keadaan data yang serba terus atau berkesinambungan.  Seperti diagram batang, diagram garis membutuhkan sumbu datar dan sumbu tegak yang saling tegak lurus. Sumbu datar menyatakan waktu sedangkan sumbu tegaknya melukiskan kuantum data tiap waktu.

Contoh Penyajian data dalam diagram garis 

diagram garis

Diagram Pohon

Diagram pohon adalah visual data dari penjabaran satu satuan secara hierarki. Diagram pohon dimulai dengan satu item yang bercabang menjadi dua atau lebih, masing-masing cabang kemudian bercabang lagi menjadi dua atau lebih, dan seterusnya sehingga nampak seperti sebuah pohon dengan banyak batang dan cabang. Penyajian data dalam diagram pohon digunakan untuk memecahkan komponen secara lebih rinci ke dalam sub-sub komponen, atau ke dalam tingkat yang lebih rendah dan rinci.

Contoh Penyajian data dalam diagram pohon

diagram pohon

 sumber gambar: www.kanalinfo.web.id

Penyajian Data Dalam Diagram – Padamu Negeri

 

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *