Contoh Surat Somasi

Posted on

Terkadang, dalam suatu perjanjian kerja sama dalam bisnis tidak terlaksana dengan semestinya dikarenakan adanya ingkar janji atau wanprestasi yaitu keadaan yang dikarenakan kelalaian atau kesalahan dari pihak yang mempunyai utang/kewajiban (debitur). Maka, pihak yang mempunyai hak (kreditur) dapat melayangkan surat somasi hingga 3 kali dengan jeda waktu tertentu, sebelum berlanjut ke proses hukum.

Pengertian somasi adalah surat pemberitahuan yang bersifat teguran atau peringatan sebelum melakukan penuntutan secara hukum baik itu perdata maupun pidana.

Contoh Surat Somasi
image: kanal informasi

 

Berikut Contoh Surat Somasi

Nomor: …………..

Perihal: PERINGATAN (SOMASI)

 

Kepada Yth.:

……………………………………….

………………………

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pelaksanaan kerja sama …… berdasarkan Perjanjian….. Nomor ….. tanggal ….. (“Perjanjian”), Perjanjian mana telah menentukan kewajiban kami sebagai ….. untuk melakukan ….. dan kewajiban saudara sebagai …..untuk melakukan pembayaran ….. sebesar Rp. ….. (….. rupiah) kepada kami sebelum tanggal jatuh tempo. Terkait hal tersebut, perlu kami sampaikan bahwa:

  1. Kami telah melaksanakan kewajiban kami sebagai ….. sesuai Perjanjian, yaitu melakukan ….. pada tanggal ….
  2. Sampai dengan tanggal jatuh tempo pembayaran tersebut diatas, ternyata saudara belum juga melaksanakan kewajiban saudara sebagai ….., yaitu melakukan pembayaran ….. sebesar….. (….. rupiah) kepada kami.
  3. Dengan demikian maka saudara masih berhutang kepada kami sebesar….. (….. rupiah).

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, dengan ini kami kami memberikan PERINGATAN/SOMASI kepada Saudara untuk:

  1. Melaksanakan kewajiban saudara sebagai ….. untuk melakukan pembayaran ….. kepada kami sebesar….. (….. rupiah) dalam jangka waktu selambat-lambatnya ….. (…..) hari kalender terhitung sejak tanggal diterimanya surat PERINGATAN/SOMASI ini.
  2. Dalam hal sampai dengan jangka waktu tersebut Saudara belum juga melaksanakan kewajiban Saudara, maka kami akan mengambil langkah-langkah hukum yang diperlukan, baik pidana maupun perdata.

Demikian PERINGATAN/SOMASI ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian.

 

Hormat kami,

PT . ……
Direktur Utama

Contoh Surat Somasi – Padamu Negeri

 

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *