Siswa Wajib Tidur Siang Di Kelas

Posted on

Tidur di kelas sewaktu jam pelajaran di sekolah pasti dilarang di Indonesia, namun tidak di beberapa sekolah di Cina atau Tiongkok. Justru siswa wajib tidur siang di kelas. Terlihat aneh, tetapi kegiatan ini sudah menjadi budaya di beberapa sekolah di daratan Tirai bambu tersebut dan juga di beberapa sekolah di Taiwan.

Sekolah Dasar 1 Goaxin di Cina misalnya, seperti yang dilansir dari situs Chinasmack mewajibkan siswanya untuk tidur siang di dalam kelas setiap hari. Jika ada siswa di sekolah tersebut yang tidak tidur siang, para guru akan memerintahkan untuk tetap tidur siang karena itu merupakan peraturan bagi siswa-siswa di sana karena termasuk dalam kegiatan sekolah.

Siswa Wajib Tidur Siang Di Kelas
image: chinasmack.com

Alasan utama adalah agar para siswa akan merasa lebih tenang sejenak karena banyaknya pelajaran sekolah yang mereka ikuti di sekolah. Selain itu, tidur siang sangat baik untuk masa pertumbuhan anak, namun sayangnya karena bangunan sekolah tersebut tidak memadai maka para siswa tersebut tidur siang di meja mereka masing-masing yang telah diatur oleh guru sebelum siswa-siswanya tertidur lelap.

Dengan adanya kegiatan siswa wajib tidur di kelas maka otomatis jam sekolah berlangsung sehari penuh (Full Day School). Di Indonesia, Full Day School masih menjadi sebuah wacana dan menjadi viral di media masa yang kemudian menimbulkan pro dan kontra dengan model ini.

Kegiatan tidur siang yang dinamakan Wu Jiao di Cina ini merupakan langkah yang tepat bagi para siswa dikarenakan rumah para siswa rata-rata cukup jauh dari sekolah. Jika para siswa harus pulang kerumah untuk beristirahat kemudian melanjutkan jam pelajaran kelas berikutnya maka pasti mereka akan terlambat atau kelelahan.

Wu Jiao atau kewajiban tidur siang di kelas dilaksanakan selama setengah jam setelah jam makan siang selesai. Karena kegiatan ini sudah termasuk dalam kegiatan rutin di sekolah maka bantal dan selimut sudah disiapkan dari rumah.

Siswa Tidur Siang Di Kelas

Di Indonesia, kebijakan tidur siang di kelas akan dilaksanakan di Purwakarta, Jawa Barat. Bupati Dedi Mulyadi mengeluarkan kebijakan mewajibkan seluruh peserta didik di sekolah, tidur siang di kelas yang bertujuan untuk mengurangi tingkat stres siswa serta meningkatkan kadar daya ingat.

Namun kebijakan ini hanya berlaku untuk sekolah “full day” yaitu jadwal pelajaran dari jam 06.00 WIB sampai 15.00 WIB. Menurut orang nomer satu di Purwakarta, di Purwakarta ada SMP dan SMA yang jam belajarnya mulai dari pukul 06.00 WIB (pagi) pulang pukul 15.00 WIB (sore). Dengan kondisi ini, anak-anak jadi kelelahan di sekolah. Jika sudah lelah, mereka rawan terserang stres.

Waktu tidur siang sudah di atur, yakni mulai pukul 11.30 WIB sampai 12.30 WIB. Dengan demikiam para siswa itu, bisa tidur minimal 10 menit dan maksimal 45 menit. Karena, dalam kurun waktu tidur siang itu, harus digunakan juga untuk beribadah sholat bagi yang muslim, serta makan siang.

 

Siswa Wajib Tidur Siang Di Kelas – Padamu Negeri

 

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *