Pengertian Teori Pendidikan

Posted on

Pengertian teori pendidikan adalah suatu usaha untuk menjelaskan bagaimana sesuatu terjadi dan atau digunakan dalam proses belajar mengajar. Teori pendidikan berasal dari tahap pengamatan atau eksperimen melalui metode yang sistematis terhadap proses pendidikan yang ada. Sebuah pandangan atau serangkaian pendapat yang berkaitan dengan pendidikan yang disajikan dalam sebuah sistem konsep.

 

Teori pendidikan berkaitan dengan bagaimana sebuah proses pendidikan dijalankan, siapa target pendidikan, dengan cara apa proses pendidikan berlangsung, dan bagaimana pengembangannya. Hal ini dikarenakan  pendidikan tidak bisa dilepaskan dari masyarakat, karenanya proses pendidikan perlu memperhatikan keberadaan dan perkembangan masyarakat serta lembaga lain baik itug langsung maupun tidak, berpengaruh terhadap kelangsungan pendidikan termasuk dengan kebijakan dan politik pendidikan.

Ruang lingkup dari teori pendidikan pun terdiri dari dua teori yaitu umum dan khusus. Teori umum pendidikan memperhatikan masalah sekitar membentuk manusia ideal dan pembahasannnya tidak hanya bertumpu pada apa yang dianggap sebagai cara terbaik mengajar tetapi meluas pada persoalan apa yang harus diajarkan dan untuk tujuan apa. Sedangkan teori khusus pendidikan membahas secara mendalam aspek pedagogis, seperti bagaimana cara yang paling efektif untuk belajar dan mengajar. (Moore, 1974).

pengertian teori pendidikan

Dalam sebuah teori pendidikan memiliki pembahasan-pembahasan penting (Rozycky, 1999), antara lain:

  1. Pembahasan tentang nilai apa yang layak dalam sebuah proses pendidikan. Nilai ini berhubungan dengan pengetahuan dan keterampilan apa yang layak dipelajari dan apa tujuan serta arah pendidikan.
  2. Pembahasan tentang konsep dan jenis pengetahuan, pengetahuan seperti apa yang ada dalam sebuah proses pendidikan, bagaimana sebuah pengetahuan itu ditemukan, apa perbedaannya dengan keyakinan (asumsi awal) atau pendapat, dan seterusnya.
  3. Pembahasan tentang hakekat peserta didik dari sisi kemanusiaan, peran dan posisi peserta didik dalam pendidikan, potensi manusia yang belajar, dan bagaimana manusia dengan potensinya dapat berkembang melalui pendidikan.
  4. Pembahasan tentang konsep dan hakikat belajar, bagaimana siswa belajar,tujuan belajar, metode belajar, konten, serta proses pembelajaran.
  5. Pembahasan sekitar target dan sasaran pendidikan, dan peluang serta kesempatan belajar.

Dalam blog Padamu Negeri untuk Pendidikan Indonesia akan dibahas tentang teori pendidikan dan teori belajar yang berasal dari beberapa sumber baik itu online maupun offline. Dengan harapan, pengunjung blog ini khususnya dan masyarakat luas pada umumnya, mengerti tentang teori-teori pendidikan yang ada.

Arsip Teori Pendidikan Padamu.net

 

Pengertian Teori Pendidikan – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

One thought on “Pengertian Teori Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *