Membaca Cepat Sangat Diperlukan

Posted on
Menurut beberapa sumber penelitian, kecepatan membaca orang dewasa rata-rata 250-300 kata per menit. Kurang lebih sama dengan 3 paragraf per menitnya. Dengan kecepatan membaca seperti itu, Orang dewasa membutuhkan waktu empat menit untuk menyelesaikan satu halaman dan dua puluh jam untuk menyelesaikan buku setebal tiga ratus halaman. Misalkan saja Anda punya waktu satu jam setiap hari untuk duduk diam dan membaca. Anda akan butuh waktu dua puluh hari untuk menyelesaikan sebuah buku.

Dalam membaca cepat dikenal teknik skimming yaitu melakukan pembacaan cepat secara umum dalam suatu bahan bacaan. Dalam skimming, proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bahan bacaan sambil memahami tema besarnya. Selain itu ada teknik scanning yaitu mencari satu jenis informasi tertentu dalam bahan bacaan.

Membaca cepat sangat diperlukan untuk dapat mengikuti informasi yang semakin bertambah dan terus bertambah. Kita harus belajar bagaimana cara membaca dengan cepat dan tepat. Banyak buku yang membahas masalah ini, bahkan kursus online cara membaca cepat pun sudah ada. Tinggal kita mau atau tidak.

belajar mandiri

Teknik Membaca Cepat

Apakah Anda termasuk kategori orang yang memiliki kemampuan membaca secara efisien? Atau seberapa efektifkah Anda membaca? Juga seberapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk membaca?

Untuk mengetahui seberapa cepat, efektif dan efisien cara Anda membaca, Anda bisa melakukan pengujian terhadap kemampuan Anda tersebut. Caranya sangat sederhana seperti yang diuraikan dalam tulisan ini. Namun agar pengujian berjalan dan memberikan hasil yang efektif, ada baiknya Anda meminta bantuan seorang teman untuk menjadi pengawas pengujian kemampuan Anda membaca, meskipun tes ini bisa Anda lakukan sendiri.

Menguji kemampuan membaca ini, biasanya diberikan bagi mereka yang akan melakukan atau mempelajari teknik membaca cepat (speed reading). Ini dilakukan sebagai titik awal untuk melihat tingkat kemajuan yang diperoleh setelah melakukan atau mempraktekkan teknik membaca cepat. Dan pola yang sama, juga bisa Anda lakukan untuk melihat seberapa efektif Anda membaca. Pengujian ini menitik beratkan pada pengukuran kecepatan Anda membaca kata dalam setiap menit dan kemampuan Anda memahami artinya sekaligus.

Selanjutnya: Teknik Pengujian Membaca Cepat

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

One thought on “Membaca Cepat Sangat Diperlukan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *