Lagu Dan Lirik Mars PGRI

Posted on

Lagu Mars PGRI merupakan lagu organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia yang disahkan pada Kongres PGRI ke VI di Malang, Jawa Timur pada 24-30 November 1952, dengan ketua kongres Soedjono dan M.E.Subiadinata.

Lagu Mars PGRI diciptakan oleh Basuki Endropranoto. Nama Basuki Endropranoto sendiri belum banyak dikenal orang, namun pernah menulis buku “Mari bernjanji: metode bernjani dengan not angka “ yang diterbitkan oleh Harapan Masa, Jakarta pada tahun 1960 bersama Baharuddin Harahap serta buku “Bernjanji sambil bermain : buku njanjian untuk bersenam dan bermain. Untuk kelas II dan kelas III S.R.” juga diterbitkan Harapan Masa, Jakarta pada tahun 1963.

Dalam beberapa catatan, ditemukan tulisan bahwa pencipta Lagu Mars PGRI adalah P. Endropranoto. Mengingat, partitur Mars PGRI ditulis tangan, kemungkinan huruf B terbaca sebagai huruf P atau bisa juga P merupakan singkatan “Pak”.

Lagu ini sebagai pendorong kaum guru untuk membangun rakyat dari kegelapan karena guru sebagai penyuluh dan pembimbing bangsa. Kaum guru juga diharapkan insyaf akan kewajibannya yaitu mendidik dan mengajar para putra-putri bangsa, membangun jiwa sebagai kekuatan Negara, karena pada waktu itu keberadaan PGRI sudah dipengaruhi oleh politik.

Lirik Lagu Mars PGRI

Berikut lirik lagu Mars PGRI menggunakan tempo di Marcia yang merupakan tempo semangat seperti yang banyak dipakai pada lagu mars.

Mars PGRI 

PGRI abadi
tetap mempersatukan diri
Dengan nama nan sentosa
lahir negara kita

PGRI abadi
bernaung di bawah sang panji
Sinar surya nan merata
anggotanya bersama

Wahai kaum guru semua
bangunkan rakyat dari g’lita
Kita lah penyuluh bangsa
pembimbing melangkah ke muka

Insyaflah ‘kan kewajiban kita
mendidik mengajar p’tra putri
Kita lah pembangun jiwa
pencipta kekuatan negara

 

Lagu Dan Lirik Mars PGRI – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *