Kerangka Umum Pembuatan Makalah

Posted on

Pengertian makalah (paper) menurut Concise oxford dictionary – the tenth edition adalah rangkaian pengujian terhadap beberapa pertanyaan yang dijawab dalam sebuah sesi. Dengan kata lain, sebuah makalah merupakan jawaban tertulis dari pengujian atas beberapa pertanyaan. Pada lembaga pendidikan formal seperti pendidikan dasar, menengah dan tinggi, penulisan makalah bisa menjadi tugas untuk memenuhi syarat tertentu misalkan mendapatkan nilai atau kelulusan.

Untuk itu, membuat makalah harus mengikuti ketentuan atau aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh lembaga yang terkait dalam mendefinisikan kerangka penulisan makalah yang dapat berbeda satu institusi dengan lainnya. Secara umum kerangka makalah terdapat ketentuan atau aturan yang berisi: menggunakan bahasa formal baku, format penulisan sesuai dengan lembaga yang terkait, bersifat ilmiah, didukung oleh fakta dan teori-teori ahli yang berkaitan dengan materi, terdapat sumber pustaka atau bibliography.

kerangka umum pembuatan Makalah

 

 

Kerangka Umum Makalah

Kerangka penulisan makalah secara luas belum ada aturan yang bersifat baku, namun lebih kepada aturan lembaga terkait. Demikian juga dalam artikel ini, kerangka penulisan makalah ini bersifat umum yang lazim digunakan oleh banyak lembaga. Selain itu, uraian ini merupakan pedoman dasar dalam proses penulisan makalah terutama bagi penulis pemula yang dapat dikembangkan lebih lanjut terutama untuk pembuatan skripsi maupun tesis.

Dalam sebuah penulisan untuk uraian jawaban atas pengujian terhadap beberapa pokok masalah dapat ditulis dalam kerangka makalah sebagai berikut:

Abstrak

Abstrak merupakan gambaran umum tentang uraian yang ada pada sebuah makalah. Abstrak sangat penting bagi pembaca yang ingin mendapatkan ide pokok tentang pembahasan masalah, namun banyak lembaga pendidikan belum menjadikan abstrak sebagai sebuah keharusan dalam penulisan sebuah makalah.

Kata Pengantar 

Kata pengantar sebagai pengarah umum penulisan kepada pembaca yang biasanya dimulai dengan ucapan pujian kepada Allah SWT atas telah berhasil penulisan makalah serta alasan penulisan makalah serta ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan membantu terhadap proses penulisan makalah. Bagian akhir u,umnya ditulis pengakuan penulis tentang kelemahan dan kekurangan dan harapan kontribusi dari pembaca baik itu saran maupun kritik untuk perbaikan makalah tersebut.

Daftar Isi 

Daftar isi berisi bagian-bagian utama dari kerangka penulisan makalah yang tersusun mulai dari awal dengan menyertakan lembar halaman.

Bab I Pendahuluan 

Pendahuluan merupakan pengenalan pembaca atas uraian pembahasan yang ada dalam makalah.

1.1. Latar Belakang Masalah 

Latar belakang masalah merupakan gambaran umum tentang awal munculnya permasalahan yang akan dibahas. Penulisan uraian dalam latar belakang masalah haruslah dapat menggiring pemahaman pembaca kepada inti permasalahan yang akan diuraikan pada bab-bab selanjutnya.

1.2. Perumusan Masalah 

Perumusan masalah berupa uraian yang memberikan batasan dari masalah yang akan dibahas serta penyempitan area persepsi dari para pembaca berkaitan dengan masalah dan pembahasannya.

1.3. Ruang Lingkup Pembahasan atau Batasan Masalah

Dengan adanya ruang lingkup pembahasan (batasan Masalah) masalah yang akan didefinisikan tidak mengundang banyak persepsi dari pembaca yang kemudian akan memperlebar area uraian dari jawaban atas masalah tersebut.

1.4. Tujuan Penulisan 

Tujuan penulisan adalah kondisi yang melatarbelakangi terjadinya proses penulisan makalah.

1.5. Manfaat Penulisan 

Manfaat penulisan merupakan kontribusi yang diberikan dari penulisan makalah tersebut kepada pembaca atau pihak lain.

Bab II Pembahasan 

Bab Pembahasan merupakan uraian pembahasan dari masalah yang telah dirumuskan pada langkah sebelumnya.

2.1. Definisi Term 

Definisi term berisi uraian yang memberikan batasan pengertian dan pemahaman tentang masalah yang akan ditulis dengan memberikan fakta atau teori (pendapat) para ahli (sumber teori). Yang perlu diperhatikan dalam penulisan paragraf jawaban atas pertanyaan adalah bahwa setiap paragraf hanya memungkinkan untuk membawa satu ide pembicaraan.

2.2. Pembahasan Masalah 

Semua jawaban dari pengujian atas beberapa pertanyaan dibahas di sini. Menambahkan informasi dari referensi sumber bacaan tetap disarankan. Hal ini dikarenakan akan menambah fakta dan dukungan terhadap isi materi yang dituliskan dalam bab ini. Jika menggunakan tabel atau gambar sulit untuk ditempatkan dalam area uraian pembahasan, maka tabel dan gambar tersebut dapat diletakkan pada bagian lampiran. Yang perlu diingat dalam menampilkan lampiran adalah; 1) tabel atau gambar dalam lampiran telah dinyatakan dalam area uraian pembahasan pada bab terkait, 2) tabel atau gambar tersebut diberikan sumber dari mana berasal.

Bab III Penutup 

Pada Bab Penutup penulisan difokuskan pada kesimpulan dari uraian pembahasan dalam dalam bab sebelumnya.

3.1. Kesimpulan

Pada halaman kesimpulan dibahas secara singkat hasil pembahasan bab 1 dan 2 (atau lebih) dan memberikan saran-saran seperlunya. Dalam sebuah skripsi, kesimpulan digambarkan sebagai uraian hasil penelitian yang telah dilakukan dengan pencakupan data yang ada. Sedangkan pada sebuah makalah umum yang bukan penelitian, kesimpulan merupakan generalisasi pembahasan yang dituliskan dengan singkat.

Daftar Pustaka

Berisi sumber bacaan, referensi untuk pembaca.

Lampiran

Jika makalah menyertakan sumber data, gambar yang tidak dapat ditampung di pembahasan.

Sumber: Herri Mulyono, PENULISAN MAKALAH AKADEMIS (pdf), Politeknik Bina Indonesia, Jakarta, 2005

Kerangka Umum Pembuatan Makalah – Padamu Negeri

 

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *