Terjadinya Kaldera dan Danau Gunung Batur Bali

Posted on

Proses terjadinya kaldera dan danau Gunung Batur Bali. Pada awalnya Gunung Batur tua atau purba mempunyai ketinggian lebih dari 3000 meter diatas permukaan laut. Gunung api Batur purba ini meletus sekitar 29.300 tahun yang lalu dan menghancurkan separuh bagian gunung bagian atas.

Terjadinya letusan dahsyat ini kemudian diikuti oleh amblasnya dasar Gunung Batur berukuran 13,8 kali 10 km2 melingkar dengan diameter 7,5 KM dan membentuk dinding terjal sedalam kira-kira 400 meter, terjadilah kaldera pertama

Letusan kedua terjadi pada 20.150 tahun yang lalu dari kawasan pusat kaldera dan danau yang sekarang ini ada dan memicu kembali amblasnya dasar Gunung Batur yang membentuk kaldera melingkar di dalam kaldera pertama, terjadilah kaldera kedua yang membentuk topografi dinding terjal sedalam rata-rata 200 meter.

Bagian daerah terendah gunung api Batur kemudian menjadi Danau yang disebabkan proses akumulasi air hujan yang dikenal saat ini dengan sebutan danau Batur.

Ketinggian puncak Gunung Batur sekarang ini adalah 1717 meter diatas permukaan laut atau 686 meter dari permukaan air Danau Batur.

Materi Ajar Terjadinya Kaldera dan Danau Gunung Batur Bali

Terbentuknya Kaldera dan Danau Gunung Batur Bali – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *