Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Posted on

Saat ini, informasi online lewat sebuah jaringan internet banyak dipakai oleh penulis sebagai bahan referensi atau sumber tulisan. Terlepas dari benar atau tidak isi sumber informasi yang ada di internet (website) yang perlu diperhatikan adalah website itu bersifat dinamis, artinya bisa saja artikel mengalami perubahan sewaktu-waktu atau bahkan website tersebut dihapus dari internet. Untuk itu ada cara menulis daftar pustaka dari internet jika digunakan sebagai sumber tulisan.

Secara umum cara penulisan daftar pustaka dari internet sama dengan penulisan yang berasal dari sumber cetak seperti buku, majalah, jurnal, dan sebagainya untuk digunakan membuat karya tulis ilmiah. Mengingat daftar pustaka (bibliografi) di sebuah karya tulis ilmiah sangatlah penting sebagai syarat kelengkapan karya tulis maka harus ditulis dengan benar. Lantas, bagaimana cara penulisan daftar pustaka yang berasal dari sumber Internet dengan benar?

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet

Cara penulisan daftar pustaka dari internet saat ini belum memiliki standar penulisan yang baku, namun agar dapat dipertanggungjawabkan sebagai karya ilmiah, setidaknya memiliki kejelasan  sumber dari internet dengan mencantumkan: Nama penulis, Judul artikel dengan waktu diterbitkan, URL (alamat artikel) artikel lengkap, serta waktu mengakses artikel tersebut.

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Saat ini, internet bisa menjadi sarana dalam mencari informasi untuk tugas sekolah, akademik maupun kebutuhan informasi lainnya. Dengan semakin mudah, cepat serta murah untuk mengakses internet, informasi yang disajikan di internet semakin disenangi dan nyaman untuk mencari sumber referensi bagi sebagian penulis.

Berikut ini ada beberapa contoh cara menulis daftar pustaka dari internet yang ada berdasarkan gaya penulisan dari beberapa sumber:

Gaya penulisan daftar pustaka APA (American Psychological Association)

Nama website/situs. Tanggal artikel dibuat. Judul Artikel. Waktu mengakses. Url lengkap.

Contoh: Padamu Negeri. (2016, 17 Juli). Keterampilan Menulis Paragraf . Diperoleh 19 Agustus 2016, dari http://padamu.net/keterampilan-menulis-paragraf/

Gaya penulisan daftar pustaka MLA (Modern Language Association)

Judul artikel. Nama website. Tanggal artikel dibuat. Waktu akses. <Url lengkap>

Contoh:“Keterampilan Menulis Paragraf.” Padamu Negeri. 17 Juni 2016. Web. 19 Juni 2016. <http://padamu.net/keterampilan-menulis-paragraf/>

Gaya penulisan daftar pustaka MHRA (Modern Humanities Research Association)

Nama website, “judul artikel”, deskripsi website, tanggal artikel dibuat, <url lengkap> [waktu akses]

Contoh: Padamu Negeri, ‘Keterampilan Menulis Paragraf ‘, Padamu Negeri Untuk Pendidikan Indonesia, 17 Juni 2016,  <http://padamu.net/keterampilan-menulis-paragraf/> [diakses 19 Juni 2016]

Gaya penulisan daftar pustaka Chicago

Nama website, “Judul artikel”, deskripsi website, url lengkap (waktu akses)

Contoh: Padamu Negeri, “Keterampilan Menulis Paragraf,” Padamu Negeri Untuk Pendidikan Indonesia, http://padamu.net/keterampilan-menulis-paragraf/ (diakses 19 Juni 2012).

Gaya penulisan CBE / CSE (Council of Science Editors)

Nama website. Judul artikel [Internet]. Deskripsi website, tanggal artikel dibuat [waktu akses]. Tersedia dari: url lengkap.

Contoh: Padamu Negeri. Keterampilan Menulis Paragraf  [Internet]. Padamu Negeri Untuk Pendidikan Indonesia, 17 Juni 2012, 10:55 UTC [dikutip 19 Juni 2012]. Tersedia dari: http://padamu.net/keterampilan-menulis-paragraf/

 Contoh gaya lain penulisan daftar pustaka dari internet:
  • Hermans, B., 2000, Desperately Seeking: Helping Hands and Human Touch, [online], (http://www.hermans.org/agents2/ch3_1_2.htm, diakses tanggal 25 Juli 2015 )
  • Padamu, 2015, Keterampilan Menulis Paragraf, [pdf], (http://padamu.staff.um.ac.id/metopen/ Keterampilan Menulis Paragraf.pdf, diakses tanggal 19 Juni 2015 )

Kutipan atau referensi yang diunduh melalui FTP

  • Negeri, Padamu. “Keterampilan Menulis Paragraf.” FTP padamu.net/pug cccc95/lenterakecil (diakses tanggal 19 Juni 2015)

Kutipan atau referensi yang diambil dari Email

  • Padamu. “Keterampilan Menulis Paragraf.” padamusite@yahoo.com (diakses tanggal 22 Juni 2016)

Catatan

Jika nama website atau waktu penerbitan tidak diketahui biasanya diganti dengan “____” Yang penting Judul artikel, URL (alamat artikel lengkap bukan homepage) serta waktu akses harus disebutkan. Jika perlu dapat menghubungi pemilik situs untuk meminta keterangan lebih jelas.

Sumber Referensi 

  • Utorodewo, Felicia N. Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah. Jakarta: Universitas Indonesia, 2007. (Dipakai di lingkungan UI)
  • Lentera Kecil. (2012), “Penulisan Daftar Pustaka dari Internet” http://lenterakecil.com/penulisan-daftar-pustaka-dari-internet/ (12 Agustus 2016)

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Internet – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *