Universitas Pertamina Fokus Bidang Energi

Posted on

Universitas Pertamina (UP) merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang didirikan dan dikelola oleh PT. Pertamina (Persero) melalui Yayasan Pertamina dengan fokus di bidang bisnis energi dan energi terbarukan. Di kampus Universitas Pertamina (UP) siap mencetak para generasi muda Indonesia berbakat menjadi sumber daya manusia yang  mengembangkan science dan technology serta inovasi-inovasi di bidang energi khususnya untuk Indonesia.

Pengalaman Yayasan Pertamina sebagai pusat pelatihan untuk pegawai Pertamina telah menunjukkan keberhasilan dalam meningkatkan kualitas SDM khususnya di bidang korporasi, menawarkan kesempatan kepada masyarakat luas untuk menimba ilmu pengetahuan dan kesempatan penelitian langsung dengan pelaku utama bisnis energi di Indonesia melalui Universitas Pertamina.

Berdirinya universitas ini merupakan wujud kontribusi PT. Pertamina (Persero) kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. UP didirikan dengan semangat menjadi perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.

Universitas Pertamina Fokus Bidang Energi

Profil Universitas Pertamina (UP)

Universitas Pertamina (UP) didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada 1 Februari 2016 tentang izin pendirian Universitas Pertamina. Status UP adalah Perguruan Tinggi Swasta dalam wilayah Kopertis III.

Lokasi Universitas Pertamina

Kompleks Universitas Pertamina, Jl. Sinabung II, Simprug, Kebayoran, Jakarta Selatan 12220. No. Telp : (021) 722 3029-32.

Visi dan Misi Universitas Pertamina (UP)

Visi Universitas Pertamina adalah menjadi Universitas yang tergolong universitas kelas dunia
(World Class University) paling lambat tahun 2035.

Misi Universitas Pertamina adalah:

  1. Melayani semua lapisan masyarakat Indonesia melalui penyelenggaraan Pendidikan Tinggi  bermutu yang terjangkau.
  2. Berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat (Bangsa dan Negara) melalui pemanfaatan hasil kajian akademik.
  3. Berkontribusi positif dalam pengembangan peradaban dunia melalui penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat dan bermartabat.
  4. Berpartisipasi dalam pembangunan karakter bangsa melalui penciptaan budaya dan iklim akademik kampus dan penyebarluasannya kepada masyarakat luas.

Fakultas dan Prodi Universitas Pertamina 

  1. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan program studi : Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan
  2. Fakultas Teknologi Industri, dengan program studi : Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan program studi : Manajemen dan Ilmu Ekonomi
  4. Fakultas Perencanaan Infrastruktur, dengan program studi : Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan
  5. Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, dengan program studi : Kimia dan Ilmu Komputer
  6. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, dengan program studi : Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi

Sarana dan Fasilitas Universitas Pertamina

  • Perpustakaan dengan ribuan buku, buku elektronik, jurnal dan artikel
  • Laboratorium Fisika Dasar
  • Laboratorium kimia dasar
  • Fasilitas Olahraga seperti lapangan bola, GOR, kolam renang dan lapangan tenis.
  • Kantin terdiri dari 33 kios yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman

Dosen Dan Tenaga Penunjang Universitas Pertamina

Sejumlah fakultas dan program studi tersebut didukung oleh dosen-dosen lulusan Master dan Doktor terbaik dari dalam dan luar negeri, dengan 225 tenaga penunjang (dosen tidak tetap, teknisi, laboran, pustakawan, dan tenaga kependidikan) untuk menjadi universitas yang masuk dalam Peringkat Terbaik Dunia (Top World University) dengan menghasilkan lulusan atau sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dan dapat menjadi global champion serta menghasilkan produk penelitian dan inovasi yang berkualitas serta bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan dunia.

Pendaftaran Universitas Pertamina

  1. Melakukan pendaftaran secara online dan membayar biaya pendaftaran ujian.
  2. Lulusan SMA/SMK (sesuai bidang)/MA/Setara
  3. Siswa SMA jurusan IPA dapat memilih 2 dari 15 Program Studi Universitas Pertamina (Sains, Teknik, dan Sosial). Siswa SMA jurusan IPS hanya dapat memilih 2 dari 4 Program Studi (Ilmu Ekonomi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Internasional)
  4. Bebas buta warna untuk jurusan tertentu
  5. Mengunggah pasfoto berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 100 KB

Biaya pendidikan Universitas Pertamina

  1. SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) Rp 10.000.000,- untuk seluruh program studi yang dibayarkan satu kali pada saat mahasiswa masuk. Khusus untuk para peserta Ujian Masuk Periode Juli, SPI yang dibayarkan untuk seluruh program studi adalah Rp 20.000.000,-.
  2. SPP (Sumbangan Pengembangan Pendidikan) per Semester : Rp10.000.000,- untuk seluruh program studi.

Beasiswa Universitas Pertamina

Universitas Pertamina memberikan beberapa variasi beasiswa diantaranya adalah beasiswa ekonomi dan beasiswa prestasi. Kesempatan beasiswa diberikan kepada para mahasiswa dengan kemampuan ekonomi yang lemah namun berprestasi secara akademik dan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi tinggi.

Informasi lebih lanjut mengenai UP dapat diakses melalui website resmi Universitas Pertamina. https://universitaspertamina.ac.id/

Universitas Pertamina Fokus Bidang Energi – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *