Peran dan Fungsi Humas

Posted on

Humas (Hubungan Masyarakat) memiliki peran dan fungsi yang sangat vital di dalam suatu institusi atau organisasi, karena kehumasan merupakan bagian yang akan menyampaikan informasi-informasi mengenai kinerja, mengenai policy dan juga bisa memberikan penjelasan-penjelasan jika ada opini-opini publik yang negatif yang kira-kira tidak sesuai dengan kondisi yang ada.

Humas atau Public Relations(PR) menjadi salah satu kegiatan yang bisa memberikan dampak positif kepada institusi, karena kalau berjalan dengan baik maka semua hal-hal yang dijelaskan itu bisa diterima oleh masyarakat sehingga apa yang sampai di masyarakat itu informasinya sudah simetris. Jadi tidak akan terjadi salah persepsi atau kemungkinan apa-apa yang sudah dilaksanakan tidak sampai ke mereka, nah itulah yang kita perlukan. Itu salah satu peran kehumasan. Peran HUMAS dalam Organisasi

Peran dan Fungsi Humas

Fungsi dan Ruang Lingkup Humas

Humas (Hubungan Masyarakat) harus menjalankan fungsi sebagai penerangan atau pemberian informasi yang mengandung komunikasi publik baik internal maupun eksternal. Komunikasi layanan publik eksternal bisa dengan masyarakat dunia usaha, kemudian masyarakat-masyarakat yang menginginkan informasi tentang institusi atau organisasi. Sedangkan internal itu bisa saja bagian di dalam satu  institusi atau organisasi serta antara pusat dan daerah, karena mereka juga ada biro humasnya.

Bagaimana dengan ruang lingkup kerja humas? Ruang lingkupnya adalah dengan mengumpulkan data kemudian mengelola informasi yang akhirnya bisa memberikan penerangan, atau publikasi kepada masyarakat. Tujuan utamanya agar apa-apa yang sudah dilakukan bisa tersosialisasikan dengan baik, apakah itu kebijakan, apakah itu ketentuan, apakah itu peraturan dan program-program yang berkenaan dengan tugas pokok, sehingga masyarakat mengetahui.

Dengan kegiatan opini masyarakat menjadi positif dan kepercayaan masyarakat juga semakin baik. Untuk itu perlu melakukan strategi-strateginya, seperti komunikasi yang bagus dengan para media, melakukan komunikasi dengan semua saluran komunikasi bisa dalam bentuk elektronik, media cetak atau mungkin juga institusi-institusi kredibel yang melakukan riset dan survei. Itu salah satu komunikasi publik yang bisa disampaikan dan intinya memang informasi tersebut harus transparan dan akuntable untuk disampaikan ke publik.

 

Peran dan Fungsi Humas – Padamu Negeri

 

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *