Mengenal Paduan Suara atau Kor

Posted on

Paduan suara atau kor (berasal dari bahasa Belanda “koor”) merupakan grup musik (ensemble) yang terdiri atas beberapa penyanyi dan/atau musik yang dibawakan oleh grup tersebut. Pengertian paduan suara adalah sajian musik yang menggabungkan berbagai warna vokal dari lima belas orang atau lebih dengan iringan musik atau tidak, menjadi satu kesatuan suara yang dinamis.

Paduan suara dapat bernyanyi akapela yaitu tanpa iringan alat musik. Dapat juga bernyanyi dengan diiringi alat musik apa saja, baik itu tunggal maupun diiringi alat musik penuh atau orkestra.

Mengenal Paduan Suara atau Kor

 

Jenis-jenis Paduan Suara

Paduan suara pada umumnya terdiri dari 4 jenis suara yaitu sopran, alto, tenor, dan bas. Tidak ada ketentuan dan batasan berapa jumlah suara yang dapat dipadukan. Selain empat suara, jumlah jenis suara yang paling lazim dalam paduan suara adalah tiga, lima, enam, dan delapan. Pada paduan suara anak-anak seusia paud atau taman kanak-kanak biasanya menyanyi hanya dengan satu suara atau disebut unisono.

Beberapa jenis paduan suara yang sering digunakan.

  1. Paduan Suara UNISONO yaitu menggunakan satu suara.
  2. Paduan Suara 2 suara sejenis yaitu menggunakan 2 suara manusia yang sejenis, contoh : Suara sejenis Wanita, Suara sejenis Pria, Suara sejenis anak-anak.
  3. Paduan Suara 3 sejenis S – S – A yaitu menggunakan suara Sopran 1, Sopran 2, dan Alto.
  4. Paduan Suara 3 suara Campuran S – A – B yaitu menggunakan 3 suara campuran Sopran, Alto dan Bass.
  5. Paduan suara 3 sejenis T – T – B yaitu menggunakan 3 suara sejenis pria Tenor 1, Tenor 2, Bass.
  6. Paduan Suara 4 suara campuran S – A – T – B yaitu menggunakan suara campuran pria dan wanita, dengan suara Sopran, Alto, Tenor, Bass.

Pemimpin Paduan Suara

Paduan suara dipimpin oleh seorang yang dianggap mampu memiliki pengetahuan tentang musik dan vokal dengan sebutan Dirigen atau Conductor. Seorang dirigen atau conductor saat memimpin paduan suara akan memperhatikan dengan benar tanda tempo dan tanda dinamik lagu yang ada agar dapat menyampaikan jiwa lagu atau musik yang dibawakan.

Syarat-syarat seorang Dirigen atau Conductor yang baik dalam memimpin paduan suara, adalah:

  1. memiliki sifat kepemimpinan
  2. memiliki ketahanan jasmani yang tangguh
  3. sebaiknya sehat jasmani dan rohani
  4. simpatik
  5. menguasai cara latihan yang efektif
  6. memiliki daya imajinasi yang baik
  7. memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan bermain musik.

 

Paduan Suara atau Kor – Padamu Negeri

 

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *