Keunggulan Kompetitif Jadi Kunci Utama

Posted on

Pernyataan school is the principal (sekolah adalah kepala sekolah) menginformasikan bahwa baik dan buruknya sekolah tergantung pada kepala sekolahnya. Untuk itu Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Indonesia menyatakan memperjuangkan lahirnya kepala sekolah yang bermutu karena sumber daya manusia (SDM) Kepala Sekolah menjadi kunci utama dari competitive advantage atau keunggulan kompetitif.

Keunggulan Kompetitif Jadi Kunci Utama

Pada semua negara dan institusi, membutuhkan SDM yang ikhlas menjalankan amanah dan memiliki kompetensi yang digunakan untuk berinovasi. Dengan kemampuan ini, artinya sekolah pada akhirnya akan memiliki kompetensi dengan lembaga lain yang sejenis. Apabila SDM ini baik maka kinerja suatu sekolah atau lembaga/instansi manapun akan baik, meskipun ada sedikit kekurangan pada aspek dana maupun fasilitas lainnya.

Sebaliknya, apabila sistem yang dirancang sudah bagus, dana yang diberikan banyak dan fasilitas pun lengkap, tanpa didukung SDM yang baik maka sistem tersebut hanya tampak bagus di atas kertas. Sementara fasilitas serta dana yang disediakan hanya menjadi beban pemerintah dari waktu ke waktu.

Adanya 69 penelitian yang dilakukan 23 tahun dengan melibatkan sekitar 1,4 juta siswa dan 14.000 guru membuktikan bahwa kepala sekolah yang baik dapat meningkatkan prestasi siswa lebih dari 20 poin.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan dua orang siswa yang sama, di sekolah berkualitas sama, kurikulum sama, membaca buku dan didukung Informasi Teknologi (IT) yang sama ternyata memiliki hasil yang berbeda. Tiga tahun kemudian, prestasi siswa yang diajar oleh guru yang tidak baik menurun sekitar 13 poin dari kemampuan awal dan berbeda sekitar 53 poin dari temannya yang diajar oleh guru yang baik.

Kepala sekolah bertanggungjawab mengelola guru untuk membentuk insan yang cerdas komprehensif dan berdaya saing tinggi.

Seperti yang diungkapkan Prof. Dr. Siswandari, M.Stats, Kepala LPPKS Indonesia pada Buletin Principals.

 

Keunggulan Kompetitif Jadi Kunci Utama – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *