Kejayaan Masa lampau Itu Bagian Sejarah

Posted on

Tinggalkan Sejarah Kejayaan, Buat Sejarah Baru. Kita jangan terlena dengan kejayaan masa lampau. Itu bagian sejarah, itu kejayaan mereka, orang-orang yang hidup pada masa itu. Sekarang bagaimana kita membuat sejarah baru dengan kesuksesan kita. Masyarakat sering terjebak dengan masa lalu, bukannya melihat jauh kedepan. Untuk itu, dengan pendidikan, diharapkan dapat merubah cara pandang masyarakat berpikir ke depan.

sejarah kejayaan masa lalu

Orang Makassar misalnya, sampai saat ini masih membanggakan kehebatan kapal Pinisi, kapal buatan orang Bugis terbuat dari kayu namun sangat kuat untuk digunakan sebagai pengangkut barang. Padahal saat ini untuk mengangkut banyak kontainer, sudah menggunakan kapal dengan teknologi yang lebih canggih.

Apa perbedaan antara universitas dan museum? Museum itu melihat kebelakang, sedangkan universitas itu melihat kedepan. Universitas memiliki 3 pilar, yakni kepemimpinan, keilmuan, dan kewirausahaan. Oleh karena itu selayaknya universitas mendorong para mahasiswanya untuk berorientasi pada entrepreneurship. Sehingga jika lulus, tidak perlu bingung mencari pekerjaan, karena sudah bisa berwirausaha.

Untuk itu, baik dosen maupun mahasiswa didorong untuk mengambil pendidikan di luar negeri. Pendidikan di Indonesia bagus, namun dengan belajar di luar negeri membuat cara pandang kita lebih terbuka. Majunya orang Minang karena otaknya. Hal ini terbukti dari banyaknya tokoh-tokoh Minang yang terkenal karena kepintarannya, seperti Mohammad Hatta dan Buya Hamka. Bahkan para pahlawan dari Minang pun dalam menghadapi lawan, lebih dikenal menggunakan otaknya, dibanding fisiknya.

Wacana Wapres  Muhammad Jusuf Kalla saat menerima Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, Tafdil Husni di Kantor Wakil Presiden, Merdeka Utara (20 April 2016).

Sumber berasal dari http://www.wapresri.go.id

 

Kejayaan Masa lampau Itu Bagian Sejarah – Padamu Negeri

 

 

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *