Definisi Belajar Menurut John Burville Biggs

Posted on

Pengertian Belajar secara umum adalah suatu proses kegiatan dari tidak tahu, tidak mengerti, tidak bisa menjadi tahu, mengerti dan bisa secara optimal. Banyak ahli mendefinisikan arti belajar berdasarkan sudut pandang yang berbeda. Sebagai contoh, berikut Definisi Belajar Menurut John Burville Biggs seorang Psikolog pendidikan Australia yang lahir di Hobart, Tasmania pada tahun 1934.

JOHN-BURVILLE-BIGGS

Baca juga: Penyusunan Strategi Pembelajaran

Belajar mempunyai tiga macam rumusan, yaitu :

  1. Rumusan kuantitatif, belajar berarti kegiatan pengisian atau pengembangan kemampuan kognitif dengan fakta sebanyak-banyaknya. Jadi, belajar dalam hal ini dipandang dari sudut berapa banyak materi  yang dikuasai siswa.
  2. Rumusan institusional, belajar dipandang sebagai proses validasi (pengabsahan) terhadap penguasaan siswa atas materi-materi yang telah ia pelajari. Bukti institusional yang menunjukkan siswa telah belajar dapat diketahui dalam hubungannya dengan proses mengajar. Ukurannya ialah, semakin baik mutu mengajar yang dilakukan guru maka akan semakin baik pula mutu perolehan siswa yang kemudian dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai.
  3. Rumusan kualitatif, ialah proses memperoleh arti-arti dan pemahaman-pemahaman serta cara-cara menafsirkan dunia di sekeliling siswa. Belajar dalam pengertian ini difokuskan pada tercapainya daya pikir dan tindakan yang berkualitas untuk memecahkan masalah-masalah yang kini dan nanti dihadapi siswa.

Sumber: John Burville Biggs  dalam Teaching for learning: the view from cognitive psychology: 1991.

 

Definisi Belajar Menurut John Burville Biggs – Padamu Negeri

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *