Cara Penulisan Daftar Rujukan

Posted on

Teknik atau cara penulisan daftar rujukan hampir sama dengan cara menulis daftar pustaka. Mengingat daftar rujukan dan daftar pustaka merupakan bagian penting dari karya ilmiah maka sumber-sumber yang ada harus ditulis dalam karyanya tersebut. Namun ada yang sedikit membedakan antara istilah daftar rujukan dengan daftar pustaka. Baca selanjutnya tentang Pengertian Daftar Pustaka dan Daftar Rujukan.

Penulisan daftar rujukan dibuat jika dalam tulisan ilmiah tersebut memang menggunakan kutipan atau rujukan dari orang lain. Pengertian daftar rujukan adalah catatan referensi sumber acuan dari buku, makalah, majalah, surat kabar, atau tulisan lainnya,  termasuk yang ada di internet, yang dirujuk atau dikutip langsung ke dalam tulisan. Rujukan biasanya berupa catatan dalam, catatan kaki atau catatan akhir.

Cara Penulisan Daftar Rujukan

Teknik Cara Penulisan Daftar Rujukan

Teknik penulisan daftar rujukan seperti halnya pada penulisan daftar pustaka, memiliki standar yang umum agar rujukan yang digunakan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Standar yang dibutuhkan dalam menulis daftar rujukan adalah (1) nama, (2) judul, (3) tahun penulisan, (4) penerbit, dan (5) waktu akses khusus untuk internet.

Berikut beberapa Cara Penulisan Daftar Rujukan berdasarkan jenis sumber dan contohnya.

Sumber Rujukan Media Cetak 

Cara menulis daftar rujukan yang bersumber dari media cetak seperti: buku, majalah, koran, jurnal, makalah, dan sebagainya membutuhkan informasi utama berupa: (1) nama penulis, (2) tahun penulisan, (3) judul buku, (4) kota penerbit, dan (5) nama penerbit.

Contoh rujukan dari media cetak.

  • Jamaludin, R. K. 2015. Yahoo: Mesin Pencari yang mulai merosot drastis. Surabaya: PT Bintara Terang.
  • Riyanto, A. (Ed). 2012. Mencetak Karakter Peserta Didik Ampuh. Surabaya: PT Bianglala.
  • Tabrani, M. 2000. Menulis. Dalam Supeno, E. (Eds),  Bagaimana Menulis Bahasa Indonesia dengan Benar (hlm. 25—30). Jember: PT Bangmiun.
  • Rahayu, T. 2007. Penginderaan Jauh untuk Kajian Tingkat Bahaya Erosi Das Serang Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Kejuruan, 30 (1): 1—12.
  • Surya, Harian. 15 Desember, 2009. Dewan: ayo ramai-ramai kunjungan kerja, hlm. 2
  • Widya, D. 15 Desember, 2009. Belajar dengan Ponsel di Sekolah. Tempo, hlm. 6.
  • Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  • Jokondo, D. 2009. Pengembangan Bahasa Indonesia Berbasis Web Interaktif. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
  • Gudel, R. T. 2008.  Memelihara Keragaman Budaya di Tengah-Tengah Keragaman Budaya. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan di Universitas Negeri Malang, Malang, 22 Desember.

Catatan: Untuk buku yang memiliki editor,  nama editor (ditambahkan tulisan “Ed” [untuk satu editor], “Eds” [lebih dari satu] 

Sumber Rujukan Media Elektronik

Cara menulis daftar rujukan yang bersumber dari media elektronik seperti: website/blog, Forum online, email, CD/DVD dan sebagainya membutuhkan informasi utama berupa: (1) nama penulis, (2) tahun penulisan, (3) judul tulisan, (4) alamat website, (5) dan tanggal akses.

Contoh rujukan dari media elektronik.

  • Padamu. 2016. Teknik Pengujian Membaca Cepat(http://padamu.net/teknik-pengujian-membaca-cepat), diakses pada 20 April 2016.
  • Andre, Kang. 16 Februari 2010. Kolam Renang Banyu Mili Ponggok. Forum Bersosial, (https://www.bersosial.com/threads/kolam-renang-banyu-mili-ponggok.36546/), diakses 10 Agustus 2016).
  • Kecil, Lentera. (admin@lenterakecil.com), 19 Mei 2015. Kalau mau Merencanakan Keuangan Keluarga. Surat elektronik kepada Padamu Negeri (padamu@yahoo.com).
  • Lenterak (Lentera Kecil) (admin@lenterakecil.com), 17 Juli 2015. Facebook untuk Pendidikan. Pesan kepada Padamu (Padam Negeri) (padamu@yahoo.com).
  • Januari (08123456789), 4 Maret 2016. Bahasa dan Ekonomi. Pesan pendek kepada Februari (08987654321).
  • Kurniawan, R. 2009. Membangun Media Ajar Online untuk Orang Awam. Maxikom, (CD-ROM Tutorial).

 

Cara Penulisan Daftar Rujukan – Padamu Negeri

 

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *