Cara Kerja Sistem Pencernaan Manusia

Posted on

Sistem pencernaan manusia terdiri dari sebuah tuba (tabung) panjang dengan otot-otot yang melapisi. Dimulai dari rongga mulut, kerongkongan (esophagus), lambung, usus halus, usus besar, rectum dan berakhir di anus.

Organ lain yang terlibat dalam sistem ini antara lain kelenjar ludah, hati, empedu dan pancreas. Semua bekerja sama untuk mencerna makanan, menghancurkan , menyerap komponen yang penting atau nutrisi dari makanan dan membuang sisanya dalam bentuk feses (tinja).

Cara Kerja Sistem Pencernaan Manusia

Cara Kerja Pencernaan Manusia

Pencernaan dimulai ketika mengunyah makanan oleh gigi, makanan dihancurkan menjadi potongan kecil dan pada saat bersamaan bercampur dengan air liur yang dikeluarkan kelenjar ludah. Oleh kontraksi otot, makanan kemudian didorong masuk kerongkongan menuju lambung dan terus ke usus halus.

Pada saat makanan tiba dibagian akhir usus halus, molekul-molekul nutrisi yang besar sudah dihancurkan menjadi molekul yang kecil dan dapat diserap oleh darah melalui dinding usus. Darah mengangkut nutrisi ke organ hati kemudian ke sel-sel tubuh makanan/ nutrisi yang tidak terserap masuk ke dalam usus besar dimana sebagian besar air diserap kembali oleh tubuh sebelum sisanya terbuang melalui anus sebagai feses atau tinja.

Usus buntu adalah struktur berbentuk cacing yang menjuntasi dari usus besar dan sampai saat ini belum diketahui fungsinya. Bila terjadi peradangan/ pembengkakan pada usus buntu ini didiagnosa sebagai appendicitis (radang umbai cacing atau usus buntu). Gangguan ini sering terjadi pada orang dewasa dan menjadi penyebab utama keluhan nyeri perut akut. Operasi pengangkatan usus buntu merupakan operasi darurat.

Penyebab appendicitis sebagian besar diketahui. Tetapi dalam beberapa kasus ditemukan karena adanya sumbatan di dalam usus berupa sisa kotoran (feses) yang menyasar dari usus besar masuk ke dalam usus buntu tersebut yang kemudian terinfeksi dan meradang.

Makan yang berserat rendah dan biji-bijian mempunyai potensi lebih sulit dicerna ataupun diserap oleh usus halus, sehingga akan terbuang melalui usus besar. Semakin besar kemungkinan terjadinya salah jalur masuk ke usus buntu.

Oleh karena itu, sistem kesehatan pencernaan harus dijaga dengan :

  1. Meningkatkan konsumsi makanan berserat
  2. Konsumsi air putih yang cukup 2-3 liter/ hari, tetapi hindari minuman yang mengandung kafein dan alcohol
  3. Jangan sering menahan keinginan untuk buang air besar
  4. Melatih diri untuk buang air besar secara teratur di waktu yang sama.

 

Sistem Pencernaan Manusia – Padamu Negeri

.

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *