Belajar Desain Grafis Secara Otodidak

Posted on

Saat ini profesi desain grafis makin banyak diminati mengingat teknologi grafis sudah semakin maju sehingga memudahkan mempelajarinya. Meskipun pengertian grafis lebih menjurus ke seni dan tidak semua orang memiliki bakat kreasi seni yang tinggi, tidak ada salahnya untuk belajar desain grafis. Seni itu relatif dan akan menjadi sangat menyenangkan jika kita bisa membuat sendiri sebuah karya seni gambar kemudian meng-upload ke media sosial.

Banyak lembaga yang mengadakan kursus desain grafis praktis di Indonesia bahkan tidak sedikit perguruan tinggi membuka jurusan desain grafis, atau jika mau bisa saja mengikuti pendidikan grafis di luar negeri. Akan tetapi, persoalan biaya, waktu dan tenaga terkadang tidak bisa melakukan hal itu, akhirnya memilih untuk belajar sendiri. Namun sering kali banyak yang mengeluh, belajar desain grafis sendiri atau secara otodidak itu sangat sulit.

belajar desain grafis secara otodidak

Belajar Desain Grafis Sendiri

Sebenarnya sekarang bukan persoalan jika mau belajar sendiri, apapun disiplin ilmu itu. Internet yang semakin cepat dan murah, memudahkan orang untuk belajar sesuatu termasuk belajar desain grafis. Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat sebagai referensi jika mau belajar grafis secara otodidak. Prinsipnya sama dengan belajar yang lain. Apakah itu?

Tanamkan Tujuan dan Niat Belajar

Semua kegiatan pasti memiliki tujuan dan niat sebelum melakukannya, termasuk juga untuk belajar desain grafis. Apakah tujuan hanya sekedar ingin tahu, kesenangan atau ingin menjadi desainer handal. Kalau sudah memiliki tujuan, maka niatkan dengan sungguh-sungguh tujuan tersebut sesuai dengan kemampuan. Biasanya jika tidak dilandasi dengan tujuan dan niat, belajar akan tidak sepenuh hati.

Teori dan Praktek

Jika sudah memiliki niat untuk belajar desain grafis dan itu benar-benar dimulai dari nol, tidak ada salahnya pergi ke toko buku untuk membeli buku tutorial grafis untuk memudahkan belajar.  Terkadang, ada istilah-istilah yang belum paham tentang dunia grafis. Namun, jangan hanya membaca teori, ada yang lebih efektif lagi belajar grafis secara otodidak yaitu dengan cara trial and error. Lebih baik langsung mencoba pada software grafis dan mempraktekkan, daripada membaca buku. Akan tetapi merupakan nilai tersendiri, jika tahu teori meskipun dalam prakteknya sudah lancar. Apalagi jika ingin mengajarkan ilmu ke orang lain atau pun melamar pekerjaan.

Gunakan Software Grafis Paling Mudah

Cara belajar desain grafis secara otodidak yang lebih baik adalah dengan menggunakan satu software grafis saja yang dianggap paling mudah. Ada banyak software grafis yang terkadang membuat bingung. Coba pelajari satu saja terlebih dahulu. Jika sudah mahir bisa mencoba software lain sebagai perbandingan yang kemudian dapat dijadikan software yang paling dikuasai untuk mendesain. Jika sering berganti software kemungkinan tidak ada satu software grafis yang benar-benar dikuasai. Padahal software hanya sebagai alat bantu, selebihnya tinggal bagaimana kita berkreasi.

Belajar Objek Yang Mudah

Belajar memerlukan proses, termasuk belajar grafis,, Meskipun sekarang kita sudah pintar matematika, tapi ingatlah waktu kelas 1 SD, mungkin 2 + 5 saja sulit mengerjakan. Sebagai pemula wajar belajar membuat kotak atau lingkaran terlebih dahulu kemudian membuat objek seperti gambar mangkuk, gelas, TV dan lain sebagainya yang dianggap mudah. Belajar secara bertahap merupakan hal yang bijak. Mengapa? Belajar desain grafis ibarat memainkan sebuah game, ada level yang harus dilakukan agar dapat menyelesaikan game tersebut.

Bergabung  Komunitas Grafis

Jangan merasa minder atau malu untuk bergabung dengan komunitas desain grafis. Justru dengan ketidaktahuan ini kita bisa menimba ilmu dengan belajar dan bertukar pikiran kepada anggota komunitas lainnya, terutama kepada yang sudah mahir. Dengan mengikuti komunitas desain yang ada akan menambah kemampuan dan pengetahuan tentang grafis dengan mudah dan murah, apalagi bagi orang yang akan belajar desain grafis secara otodidak.

Beberapa tips di atas mungkin bisa menjadi gambaran untuk belajar desain grafis sendiri. Yang terpenting adalah niat, usaha serta sabar yang harus ditekankan. Jangan pernah iri melihat teman yang sudah mahir desain grafis dan dulunya mungkin seperti kamu juga. Ilmu itu tidak ada yang instan, membutuhkan latihan dan kesabaran.

 

Belajar Desain Grafis Secara Otodidak – Padamu Negeri

.

Gambar Gravatar
Mengingat pentingnya pendidikan bagi semua orang, maka Admin Blog Padamu Negeri ingin berbagi pengetahuan dan informasi seputar pendidikan walaupun dengan keterbatasan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *